Transaksi Mobile Banking Melonjak di 2022, BRImo Tumbuh 98,4%

BRImo e-Payment

Tren penggunaan Mobile banking kian hari semakin meningkat, seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat akan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan aktivitas keuangan di era teknologi digital.

Hal tersebut bisa dilihat dari transaksi mobile banking di beberapa bank besar, seperti PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang tercatat tumbuh 34,8% dari Rp 4.049 triliun di 2021 menjadi Rp 5.460 triliun di 2021.

Begitupun transaksi mobile banking di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang mengalami pertumbuhan hingga 49,2% menjadi Rp 2.435 triliun di 2022. Padahal, tahun sebelumnya, transaksi mobile banking Mandiri hanya tercatat mencapai Rp 1.631 triliun.

Di sisi lain, transaksi mobile banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI juga mengalami pertumbuhan 30,4% dari Rp 615 triliun di 2021 menjadi Rp 802 triliun di 2022.

Yang menarik, pertumbuhan transaksi mobile banking paling besar dialami oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Pada tahun 2022, BRI mencatat, transaksi mobile banking perusahaan telah menyentuh Rp 2.669 triliun. Jumlah tersebut meningkat hampir 100% jika dibandingkan transaksi di periode 2021 yang hanya tercatat Rp 1.345 triliun.

Tak hanya di 2022, peningkatan transaksi mobile banking juga terjadi di tahun ini, pada kuartal I-2023, transaksi BRImo tercatat tumbuh 154,63% year on year (yoy) menjadi 225 juta transaksi.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto sempat mengatakan bahwa jumlah tersebut juga diiringi dengan peningkatan volume transaksi BRImo yang tumbuh sebesar 144,66% yoy menjadi Rp 322,83 triliun. Selain itu, jumlah user BRImo juga terus mengalami peningkatan dan telah tembus 26,3 juta pengguna.

Dia menjelaskan pertumbuhan BRImo tidak lepas dari 100 fitur lebih yang terhubung dengan berbagai aggregator/biller terbaik. BRI juga memberikan killer features yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Adapun fiturnya adalah Digital Saving, Registrasi BRImo, Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan Personal Financial Management.

“BRImo telah menjadi financial super app milik BRI yang memiliki lebih dari 100 fitur untuk memenuhi berbagai kebutuhan layanan keuangan nasabah. Bukan hanya memberi kemudahan, BRImo juga memberikan tingkat keamanan yang semakin meningkat,” ungkap dia beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan kehadiran BRImo membuat BRI semakin fokus dalam menjaga availability dan reliability sehingga nasabah tetap nyaman bertransaksi melalui BRImo. Hal ini pun terbukti dengan kenaikan transaksi dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, dalam menghadapi era digital saat ini, Andrijanto juga mengungkapkan BRI menerapkan konsep hybrid bank dalam perbaikan bisnis proses, inovasi model bisnis, serta tata kelola jaringan kerja yang memadukan digital capabilities, physical network, serta layanan financial advisor.

“Harmonisasi ketiganya kami yakini mampu menghadirkan layanan perbankan yang lebih efektif, efisien dan terintegrasi sesuai journey customer dan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*