Saham Batu Bara Ramai-ramai Merah, Kok Bisa?

Industri pertambangan merupakan dunia kerja yang identik dengan karakter maskulin dan secara alamiah pekerjanya lebih cocok untuk kaum laki-laki. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Pada awal perdagangan Jumat (28/4/2023) beberapa saham batu bara kompak melemah. Ice Newcastle coal juga tampak terkoreksi pada perdagangan Kamis (27/4/2023) di tutup di level US$205,85 dengan turun 0,94%.

Penurunan harga batu bara didorong oleh sentimen pembagian dividen beberapa emiten batu bara. Diketahui hari ini Jumat (28/4/2023) adalah ex date dividen PT United Tractors Tbk (UNTR), dimana UNTR telah membagikan dividen sebesar Rp6.185 dengan yield hingga 20%.

PT. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) juga masih melanjutkan penurunan harga sahamnya setelah ex date dividen pada 11 April 2023.

Beberapa investor mulai melepas sahamnya setelah ex date dividen. Dimana aksi ini biasa dilakukan oleh para dividen hunter.

Untuk DOID, BSSR dan ENRG melanjutkan koreksinya karena sentimen penurunan harga batu bara global. Hingga saat ini DOID, BSSR dan ENRG belum memberikan informasi untuk mengadakan RUPS hingga pembagian dividen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*