Nyaris 99% Penduduk RI Sudah Kebal Covid, Kasus Aktif Rendah

Indonesia kembali diterpa kenaikan kasus COVID-19, kali ini diduga dipicu oleh subvarian Omicron XBB. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan kasus covid – 19 selama bulan Maret ini mengalami penurunan ke titik rendah. Bahkan tingkat kesembuhan kasus juga cukup tinggi.

Hasil sero survei Kementerian Kesehatan cakupan level imunitas penduduk juga meningkat pada level yang tinggi dan proporsi penduduk yang memiliki imunitas Sarscov2 mendekati 99%

Hal ini diungkapkan Airlangga saat acara Penghargaan Penanganan Covid – 19 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023), yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Airlangga kasus aktif nasional saat ini mencapai 3.701 per (17/3/2023) dengan akumulasi konfirmasi mencapai 6,7 juta orang. Kasus aktif terbanyak masih didominasi wilayah Jawa dan Bali 85,81% dan luar Jawa dan Bali 14,19%.

“Dan selama Maret (kasus covid) secara umum mengalami penurunan, dan kasus aktif tertinggi di regional di luar Jawa di Kalimantan,” kata Airlangga.

Kemudian tingkat kesembuhan wilayah di luar Jawa dan Bali pada rentang 96,96% – 98%.

Selain itu Airlangga juga mengatakan saat ini Indonesia masuk dalam persiapan transisi menuju era endemi, karena penurunan kasus yang juga terjadi di seluruh dunia. Bahkan tingkat imunitas penduduk Indonesia juga cukup tinggi.

“Hasil sero survei Kementerian Kesehatan cakupan level imunitas penduduk meningkat pada level yang tinggi dan proporsi penduduk yang memiliki imunitas Sarscov2 mendekati 99%. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah pembentukan Komite Penanganan Covid – 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Airlangga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*