Masuki Babak Baru, Benji Yap Jadi Dirut Unilever Indonesia

Masuki Babak Baru, Benji Yap Jadi Dirut Unilever Indonesia

Unilever Indonesia

PT Unilever Indonesia Tbk (Perseroan) mengangkat Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan efektif mulai Januari 2024. Keputusan ini berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar, Selasa (19/12/2023).

Direktur dan Sekretaris Perseroan Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan, perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan.

“Dengan beragam keahlian https://citykas138.com/ dari posisi-posisi sebelumnya di Unilever yang mencakup Research & Development, Strategi, Supply Chain, Marketing dan Brand Management, serta Customer Development, Benjie Yap telah mencatat capaian yang mengesankan, termasuk pada saat duduk sebagai CEO Unilever Filipina. Kami yakin beliau akan membawa keahlian dan kontribusi berharga bagi Perseroan dan industri,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Benjie menggantikan Ira Noviarti yang menjabat sebagai Presiden Direktur sejak 2020. Ira berhasil memimpin Perseroan di tengah pandemi global Covid-19 pada 2020-2021 dan membawa Perseroan berada pada posisi yang lebih kuat.

Unilever IndonesiaFoto: Dok Unilever Indonesia

 

“Perseroan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepemimpinan Ira Noviarti yang tangguh dan berdedikasi tinggi kepada Unilever Indonesia. Sebagai Presiden Direktur, Ira berhasil memperkuat fundamental bisnis Perseroan secara signifikan, memastikan Unilever Indonesia berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk terus mewujudkan tujuan dan potensi bisnis jangka panjang,” tambah Nurdiana.

Dalam rapat tersebut Ira Noviarti menyampaikan terima kasih atas kesempatan bersama Unilever selama hampir 30 tahun serta berkontribusi pada bisnis dan masyarakat melalui berbagai peran. Terutama melalui kepercayaan jabatan sebagai Presiden Direktur selama hampir tiga setengah tahun terakhir.

“Saya dapat terus bertumbuh sebagai pemimpin dan individu karena saya berkesempatan bekerja bersama dengan banyak talenta luar biasa. Dengan menghayati komitmen Perseroan untuk terus menjadi organisasi yang purpose-led and future-fit, saya belajar bahwa lebih dari pertumbuhan yang diukur dengan angka, kesuksesan juga adalah tentang dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui keberadaan kami. Dalam hal ini, upaya seluruh tim dalam tiga tahun terakhir telah memberikan pijakan yang kokoh bagi kepemimpinan Unilever Indonesia selanjutnya,” papar dia.

Selama memimpin Unilever Indonesia, Ira mewakili Perseroan, dalam banyak program yang dijalankan pemerintah dan asosiasi, memastikan bahwa Perseroan tetap setia pada komitmen untuk tumbuh bersama Indonesia. Di antaranya, memimpin upaya Vaksin Gotong Royong bersama Kementerian Kesehatan dan pelaku industri lainnya, memimpin Business 20 Women in Business Action Council pada masa Presidensi G20 Indonesia; dan mengetuai Modern Marketing Association Indonesia (MMA).

Prestasi dan kontribusi Ira diakui dan mendapat berbagai penghargaan di Indonesia dan Asia, termasuk Best CEO untuk perusahaan Konsumen & E-commerce dari CNBC, Top CEO Consumer Goods, Most Powerful Women, Pemimpin Perempuan Paling Inspiratif dari Forbes, dan Eksekutif Paling Inspiratif di Asia dari Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES).

“Benjie Yap dan saya sama-sama tumbuh di Unilever dan saya telah menyaksikan sendiri rekam jejaknya yang semakin kuat selama bertahun-tahun. Saya percaya Unilever Indonesia berada di tangan yang tepat,” ungkap Ira.

Benjie Yap bergabung dengan Unilever pada 1994 di Filipina sebagai Technical Management Trainee dengan tugas awal di bidang Manufaktur, Teknik, R&D, dan Pengembangan Pengemasan. Dia beralih posisi sebagai Direktur Pemasaran Home Care pada tahun 2001.

Dia kemudian bergabung dengan Dewan Direksi sebagai Marketing Director Home Care and Foods, Wakil Presiden Marketing Director, dan Wakil Presiden Customer Development. Benjie juga memiliki pengalaman di posisi internasional sebagai Manajer Pengembangan Produk di Port Sunlight Inggris pada 1999 dan sebagai VP Perawatan Rumah di Unilever Thailand pada 2009.

Adapun pada Maret 2017, ia menjadi CEO Unilever Filipina seraya menjabat sebagai Beauty and Wellbeing Business Unit General Manager sejak tahun 2022.

Didorong oleh ambisi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kepemimpinan Benjie bertumpu pada prinsip Winning with Purpose, mendorong transformasi produk-produk menjadi merek-merek dengan tujuan sosial yang lebih dalam.

Benjie telah dianugerahi banyak apresiasi, salah satunya IABC CEO Excel Award pada 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada 2015. Sejak 2021, dia menjadi bagian dari Globe’s Business Council.

Benjie mengatakan dengan banyaknya potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh, Indonesia merupakan pasar penting bagi Unilever. Dia pun mengaku optimis bekerja dengan tim di Unilever Indonesia untuk mencapai kinerja lebih kuat yang didorong pertumbuhan konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab.

“Bersama dengan jajaran Dewan Direksi, saya akan terus memastikan bahwa Perseroan dioperasikan oleh talenta dan pemimpin terbaik di industri untuk membangun organisasi yang tangguh dan tangkas di masa depan; tetap berkomitmen untuk memimpin pengembangan pasar melalui inovasi yang unggul dan relevan; dan memenangkan hati konsumen di tahun-tahun mendatang,” tutup Benjie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*