Jokowi Wanti-wanti RK-Ganjar-Khofifah Soal Mudik, Ada Apa?

Keterangan Pers Presiden Jokowi Saat Kunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, (10/4/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran tahun ini. Peringatan itu disampaikan Jokowi selepas meninjau Pasar Cepego, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

“Mudik semuanya nanti utamanya yang menjadi tujuan-tujuan mudik Jawa Tengah ini pak gubernur (Ganjar Pranowo), Jawa Timur nanti bu gubernur (Khofifah Indar Parawansa), Jawa Barat pak gubernur (Ridwan Kamil), semuanya memang harus bersiap-siap menjelang mudik,” ujar Jokowi.

Sebab, menurut kepala negara, kurang lebih 123 juta orang akan mudik tahun ini. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu yang tercatat 86 juta orang.

“Ini 123 juta, hati-hati angka ini hati-hati. Saya sudah memperingatkan menteri perhubungan, kapolri, menteri BUMN, yang menyangkut transportasi laut, para gubernur, para bupati, wali kota, betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta ke 123 juta sampai 124 juta,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi memastikan sejumlah tol dapat beroperasi jelang Lebaran demi mengurangi kemacetan. Setelah Lebaran, tol-tol itu akan dicek lagi untuk siap dioperasionalkan secara lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*