Harga MG4 EV Rakitan Cikarang Turun Drastis, Presiden Jokowi Bilang Begini

Jakarta – Morris Garage (MG) sedang bersenang hati lantaran produknya mencuri atensi dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Satu hal yang menjadi sorotan ialah harga dari MG4 EV!

Harga mobil listrik MG4 EV turun Rp 260 jutaan usai dirakit lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Sebelum dirakit lokal, MG4 EV merupakan produk impor utuh atau CBU (completely built up) dari Thailand. Ketika itu, harga jualnya masih Rp 699 juta untuk varian tertinggi. Saat ini, untuk varian yang sama, banderolnya hanya Rp 433 juta dengan status OTR Jakarta.

Harga yang turun sampai Rp 200 jutaan itu juga mencuri perhatian Presiden Jokowi.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, menceritakan percakapan saat Presiden Jokowi berkunjung ke booth MG di IIMS 2024. Tahun lalu Presiden Jokowi juga berkunjung ke IIMS dan sempat meminta MG untuk melokalisasi produknya.

“Waktu itu (IIMS 2023) beliau nanya, buatan mana, saya jawab, ‘Ini Thailand, Pak.’ Dipanggil Pak (Menteri Perindustrian) Agusnya, bilang sama MG ini harus diproduksi di sini,” kata Arief saat ditemui detikcom di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Diceritakan Arief, Presiden Jokowi datang lagi ke IIMS. Dia lantas mengapresiasi mobil listrik MG yang sudah diproduksi secara lokal dan mampu menekan harga sampai ratusan juta rupiah.

“Kemarin dia (Presiden Jokowi) kembali. Dia duduk di kabin MG 4 EV. Saya bilang, ‘Bapak ingat tidak tahun lalu meminta kami untuk CKD, nah ini yang Bapak dudukin sudah produksi nasional.’ (Presiden bilang) ‘Wah bagus progress-nya’,” tambah Arief.

“Terus nanya ke saya, berarti harganya berapa sekarang? Rp 433 juta, Pak. Wah murah sekali, kata dia,” tambah Arief.

Kabar baiknya, meski harganya turun Rp 260 jutaan, tak ada satu pun fitur yang dipangkas dari kendaraan listrik tersebut. Mobil itu masih sama persis seperti produk yang sebelumnya didatangkan utuh dari Thailand.

Diketahui, MG4 EV menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 125 kW dan torsi 250 Nm. Pembekalan tersebut membuat kendaraan bisa melesat dari nol ke 100 km per jam dalam waktu 7,7 detik.

Kendaraan bersuara senyap itu ditanamkan baterai Lithium yang memiliki kapasitas hingga 51 kWh. Baterai tersebut bisa digunakan untuk menempuh jarak maksimum 425 km, sementara untuk mengecasnya dari 10 ke 80 persen hanya memerlukan waktu 35 menit.

Pabrikan membekalinya dengan beberapa fitur standar, seperti FSF (Full Space Frame) Safety Wheel Structure System, EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), ABS (Anti-lock Braking System) with EBD (Electronic Brake-force Distribution), EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control), TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), hingga IHC (Intelligent High-beam Control).

Kemudian ada ESS (Emergency Stop Signal), 3D Surround View Camera, immobilizer keyless system, Follow Me Home Light, dan TPMS (Tire Pressure Monitor System), DMS (Driver Monitor System), FCW (Front Collision Warning) and AEB Brake Assist, ACC (Adaptive Cruise Control), TJA (Traffic Jam Assist), LKA (Lane Keep Assist), serta ELK (Emergency Lane Keeping Assist).

Selain itu, ada juga LDW (Lane Departure Warning), LCA (Lane Change Assist), BSD (Blind Spot Detection), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), DOW (Door Open Warning), RCW (Rear Collision Warning), RCTB (Rear Cross Traffic Braking), ISOFIX Child Seat Points, Front, Side, Curtain Airbags dan masih banyak lagi.

Dua model yang sudah diproduksi secara lokal adalah New ZS EV dan MG 4 EV. Pabrik MG Motor saat ini berada di Cikarang, Jawa Barat. MG memastikan akan fokus ke EV.

“Yang pasti, as portofolio product road map. Kita memang akan lebih fokus ke sana (electric vehicles). Itu terlihat saat line produksi yang sekarang kita sudah persiapkan,” ujar

MG sudah menjajakan beberapa mobil di Indonesia. Mulai dari model sedan MG 5 GT, SUV MG ZS, MG HS, hingga mobil listrik MG 4 dan MG ZS EV sudah dijual di Indonesia. Terbaru, MG mengumumkan akan menjual mobil listrik Maxus 9 dan ES EV.

“Dua EV sudah selesaikah produksinya? Yang pasti ada yang lain. Dari 100 persen, 60 persen itu fokusnya ke EV,” ujar Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*