Cara Cek Status DPT Online dan Daftar Caleg Lengkap, Simak!

Cara Cek Status DPT Online dan Daftar Caleg Lengkap, Simak!

Tiga pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden (Capres-Cawapres) RI resmi menandatangi Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor KPU RI, Senin (27/11/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan platform Pemiludamaipedia yang dirancang untuk menyambut ajang Pemilu 2024.

Direktur Jenderal Informasi dan https://rtpkas138.skin/ Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menjelaskan ini akan menjadi sarana untuk menambah wawasan dan pemahaman terkait Pemilu 2024 kepada masyarakat Indonesia. Buku elektronik Pemilu Pedia dapat diakses di https://s.id/pemiludamaipedia.

“Hadirnya platform Pemiludamaipedia¬†adalah salah satu langkah Kominfo menjalankan fungsi selaku konduktor komunikasi publik. Seperti telah juga kita lakukan pada berbagai peristiwa dan event nasional maupun internasional,” kata Usman dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Selasa (4/12/2023).

Di dalam Pemiludamaipedia, masyarakat bisa mengetahui daftar pemilih tetap. Jadi bisa mengetahui apakah dirinya sudah masuk DPT (Daftar Pemiih Tetap).

Jadi masyarakat bisa melihat apakah dirinya sudah masuk DPT atau belum. Ia menegaskan bahwa ini bukan berarti semua bisa tahu data lengkap pemilih.

“Misalnya saya mau ngecek apakah saya sudah terdaftar di DPT, di Pemilupedia disediakan caranya, misalnya dengan mengetik nama kita,” jelasnya.

“Nanti akan keluar, apakah kita sudah masuk DPT atau belum, kita masuk di mana, itu bisa di cek di {emilupedia,” imbuh Usman.

Kemudian dari sisi anggota Partai politik yang menjadi calon anggota legislatif, platform ini bisa dibuat untuk cek daftar calon sementara DPR.

Juga ada profil partai politik peserta pemilu, profil calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung dan jadwal Pemilu 2024.

Di buku elektronik ini masyarakat bisa mendapatkan informasi atau berita yang terindikasi hoax.

“Jadi kita siapkan cek berita hoax begitu di situ, sama juga dengan memasukkan kata kunci. Memasukkan kata kunci di situ masyarakat bisa melaporkan kalau menemukan hoax. Jadi bisa lapor melalui pedoman yang dibuat di buku elektronik pemilu pedia.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*