Babat Alas, Erick Thohir Mau Pangkas 45 Aturan BUMN Jadi 3

Menteri BUMN Erick Thohir dalam penyerahan pengelolaan Asset perkara Jiwasraya dan Asabri di Gedung Kejaksaan Agung, Senin (6/3/2023). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin melaksanakan deregulasi Peraturan Menteri BUMN. Nantinya, Erick berharap dapat melahirkan Omnibus Law versi BUMN.

“Kita ingin menyingkat 45 peraturan Menteri jadi 3 saja. Insya Allah minggu ini kita dapat keputusannya dan kami laporkan kembali,” ungkap Erick di depan Anggota Komisi VI DPR RI pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan, Senin, (20/3/2023).

Adapun 3 peraturan baru tersebut mencakup soal organ dan Sumber Daya Manusia (SDM), tata kelola kegiatan korporasi signifikan dan penugasan khusus dan tanggung jawab sosial bumn.

Jadi hanya 3 nanti Permennya. Ini terobosan yang luar biasa, dan saya ucapkan terima kasih kepada komisi VI,” pungkas Erick.

Pembahasan soal Omnibus Law BUMN ini telah bergulir sejak tahun lalu. Erick bahkan sempat menyampaikan alasannya untuk meringkas peraturan BUMN ini.

“Saya yakin direksi BUMN saya sendiri tidak baca 45 permen, kalau tiga saja cukup,” ujar Erick saat menerima penghargaan sebagai Minister of the Year 2022 oleh CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (12/12/2022).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*