Akan Ada Ribuan Bengkel Konversi Motor Listrik, Ini Lokasinya

Menristekdikti Mohammad Natsir membawa motor listrik menuju acara Indonesia Startup Summit di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 10/4. Menristekdikti Mohammad Natsir menilai proyeksi positif atas masa depan Indonesia yang banyak diberikan oleh lembaga luar negeri ke Negara Indonesia. Bonus Demografi yang diprediksi Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai puncaknya pada sekitar 2030 akan mendorong peluang lahirnya startup terbaik dalam beberapa tahun kedepan.

Pemerintah mendorong konversi motor listrik selain pembelian motor baru berbasis listrik. Total anggarannya sebesar Rp 7 triliun yang Kan dibagi menjadi dua tahap, yaitu di tahun 2023 sebesar Rp 1,75 triliun untuk subsidi pembelian 200 ribu unit motor baru dan 50 ribu untuk konversi.

“Bantuan pemerintah ini disalurkan ke bengkel konversi yang sudah dapat sertifikasi dari Kemenhub, Kementerian ESDM,” ungkap Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM Agus Tjahjana di kantor Kemenko Marves, Senin (20/3/2023).

Agus menambahkan saat ini saja telah tersedia 21 bengkel Kementerian Perhubungan dengan target 1.900 unit/bulan atau 22.800 unit/tahun.

“Untuk penuhi target 50.000 unit 2023,” imbuhnya.

Bengkel berperan penting dalam mendukung proyek besar ini. Salah satu aspeknya adalah kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang andal dan bisa menunjang konversi ini. Ribuan teknisi pun akan mendapat pelatihan.

“Tahun ini akan dilatih 1.020 bengkel di 10 kota, Bandung, Semarang, Purbalingga, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar Mataram dan Balikpapan,” sebutnya.

Sebagai catatan secara total, pemerintah memberikan bantuan konversi dan pembelian baru dengan subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit dan bantuan konversi Rp 1 juta per unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*