3 Ruas Tol di Sumatra Ini Fungsional Mudik Lebaran, Gratis?

TOL INDRALAYA-PRABUMULIH. (Dok. hutamakarya)

Pemerintah memprediksi bakal ada 123,8 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik di musim libur Lebaran tahun 2023 ini. Dengan ekspektasi puncak arus mudik bakal terjadi pada 19-21 April.

Di mana, hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, sekitar 22,07% calon pemudik tahun ini akan menggunakan mobil pribadi, 18,39% naik bus, dan 7,7% naik mobil sewa.

Meski tak sebanyak pemudik di Pulau Jawa, salah satu daerah asal pemudik terbanyak tahun ini adalah dari Sumatra Utara, mencapai 4,4 juta orang.

Untuk itu, guna mengurai kemacetan arus mudik ke Sumatra, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kemudian mengoperasikan 3 jalan tol baru.

3 ruas tol ini akan beroperasi fungsional selama 15 sampai 30 April 2023.

Ketiga jalan tol tersebut adalah:

1. Jalan Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,9 km
2. Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km
3. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam sepanjang 13 km.

“Tenang, selama fungsional tanggal 15 sampai 30 April mendatang masih gratis dan pengendara harus mengikuti pengaturan lalu lintas selama melintasi tol tersebut,” demikian unggahan akun Twitter resmi BPJT dikutip Senin (10/4/2023).

“Ketiga ruas in beroperasi fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran bagi masyarakat di pulau Sumatra,” tulis BPJT.

Namun, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono memperingatkan, untuk melintasi jalan tol yang masih fungsional, ada aturan yang harus dipatuhi.

“Kecepatan yang wajib ditempuh pengemudi biasanya dibatasi hanya maksimal 40 – 60 Km/jam. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan belum mulus,” kata Triono.

Pasalnya, jika kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi, maka ada potensi bahaya yang timbul, pasalnya ada dampak besar yang bisa merembet pengemudi jalan lainnya.

“Ketika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalanan tersebut akan dipenuhi debu maupun kondisi licin saat musim hujan, sehingga mengganggu jarak pandang hingga dapat membahayakan pengemudi lain di belakang,” kata Triono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*