11 Cara Alami Terbukti Pangkas Lemak Perut yang Membandel

Ilustrasi (Photo by happyveganfit via Pixabay)

– Menghilangkan lemak sekitar perut tidak hanya untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan. Sebab, lemak perut juga berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Untuk mengatasi lemak perut membandel, banyak produsen pil, minuman, dan suplemen khusus yang mengklaim bahwa produknya dapat menurunkan berat badan dengan cepat atau menghilangkan lemak perut. Namun, ada kekurangan bukti ilmiah untuk memastikan bahwa produk-produk ini aman atau efektif untuk dikonsumsi.

Sebenarnya, seseorang dapat https://cicakrowoh.shop/ menurunkan berat badan dan mengurangi lemak melalui metode alami yang telah terbukti, termasuk mengubah pola makan dan berolahraga. Berikut adalah beberapa cara alami hilangkan lemak perut melansir Medical News Today:

1. Konsumsi makanan rendah kalori

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak tubuh adalah makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Hal ini akan berujung pada hilangnya lemak di seluruh tubuh, termasuk lemak di sekitar perut.

Defisit kalori akan membantu membakar lemak visceral dan lemak subkutan berlebih. Tak hanya itu, makanan rendah kalori seringkali lebih bergizi daripada makanan berkalori tinggi.

Konsumsilah makanan pilihan bergizi dan rendah kalori, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan gandum.

2. Kurangi minuman manis

Mengonsumsi gula berlebih tampaknya menjadi pendorong utama kenaikan berat badan, terutama di area perut.

Asupan gula yang tinggi dapat meningkat kadar lemak visceral dengan meningkatkan resistensi insulin dan memacu peradangan di seluruh tubuh.

3. Kurangi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang rendah namun termasuk ke dalam makanan tinggi kalori. Karbohidrat jenis ini ada dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Penelitian juga mengaitkan karbohidrat olahan dengan perkembangan lemak di sekitar perut.

Coba ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks yang ada dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum.

4. Perbanyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran menyediakan karbohidrat kompleks, yang merupakan alternatif sehat dan rendah kalori dari karbohidrat olahan.

Buah-buahan dan sayuran juga menambahkan serat ke dalam makanan. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan kelebihan berat badan, dan membantu mengatur gula darah.

5. Pilih protein tanpa lemak

Sumber protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan daging tanpa lemak bagus untuk diet. Makanan jenis ini dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil manis.

Pada saat yang sama, dapat membantu mengurangi atau menghilangkan konsumsi daging berlemak, termasuk daging sapi dan daging olahan.

6. Pilih lemak sehat

Anda tetap perlu asupan lemak dalam diet sehat, tetapi tidak semua sumber lemak sama-sama bermanfaat.

Lemak jenuh dan lemak trans bisa membahayakan jantung, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Lemak jahat juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan terkait erat dengan perkembangan lemak visceral.

Mengkonsumsi lemak sehat justru dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan memiliki berbagai manfaat. Makanan berlemak tinggi yang sehat termasuk alpukat, biji chia, telur, dan kacang-kacangan.

 

7. Olahraga

Olahraga dapat menyebabkan penurunan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar perut.

Mengurangi lemak tentu tidak mungkin bisa dilakukan di area tertentu saja. Artinya, melakukan latihan atau olahraga yang berfokus di otot perut seperti crunch atau sit-up belum tentu dapat membakar lemak perut lebih baik daripada olahraga lainnya. Namun, latihan ini dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut dan membuatnya tampak lebih langsing.

8. Tingkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan

Meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari membantu membakar kalori. Lebih banyak bergerak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood.

Kiat untuk meningkatkan aktivitas harian bisa dilakukan dengan mengambil istirahat peregangan setelah duduk dalam waktu lama, menggunakan tangga daripada lift, berjalan kaki atau bersepeda daripada mengemudi atau naik angkutan umum, atau parkir kendaraan lebih jauh dari tujuan.

9. Lakukan kardio

Latihan kardiovaskular, atau kardio, membuat jantung terpompa. Kardio juga membakar kalori, membantu mengurangi lemak tubuh dan mengencangkan otot.

Beberapa olahraga kardio termasuk berjalan cepat, berlari, bersepeda dan berenang.

10. Latihan interval intensitas tinggi

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) memadukan latihan intens dengan periode aktivitas yang kurang intens untuk membakar kalori. HIIT bisa melibatkan siklus berjalan selama 3 menit, lalu berlari selama 30 detik.

Penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa HIIT dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif daripada jenis olahraga lainnya. HIIT juga bisa menjadi cara yang baik untuk melakukan rutinitas olahraga.

11. Cobalah latihan kekuatan

Latihan kekuatan dapat menurunkan berat badan karena berfokus pada pembentukan massa otot, dan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Latihan kekuatan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Ini karena otot yang lebih kuat lebih mampu menopang tubuh, yang mengurangi ketegangan pada tulang dan persendian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan melakukan latihan kekuatan otot 2 hari per minggu sebagai salah satu cara menghilangkan lemak perut dengan alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*